Beranda Kesehatan Klaim Allianz Cahsless Atau Reimburse Asuransi Kesehatan?

Klaim Allianz Cahsless Atau Reimburse Asuransi Kesehatan?

412
0
Asuransi Kesehatan
Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay

Ketika Anda memutuskan untuk membeli produk asuransi, khususnya adalah asuransi kesehatan. Sudah pasti ada banyak hal yang patut untuk diperhatikan agar tidak menyesal.

Mengingat memang tidak dapat dipungkiri jika seandainya tidak sedikit nasabah asuransi yang merasa menyesal telah membeli produk perlindungan tersebut dari satu perusahaan tertentu,

karena sulitnya dalam mengajukan klaim. Pilih yang paling mudah dengan klaim Allianz, salah satu perusahaan asuransi terbesar di dunia.

Pada dasarnya asuransi ini sendiri memang termasuk sebagai salah satu produk keuangan, hanya saja memang jika dilihat dari segi prosedur atau tata cara pemanfaatannya agak berbeda dengan produk keuangan seperti tabungan maupun investasi.

Karena meskipun Anda membayar sejumlah uang yang dimaksudkan sebagai biaya premi disini.

Namun uang tersebut tidak bisa diambil seenaknya kapanpun ketika membutuhkan layaknya produk tabungan.

Melainkan memang ada berbagai macam syarat dan juga ketentuan yang harus dipenuhi, hal ini disebut juga sebagai klaim asuransi.

Berbicara mengenai klaim Allianz untuk produk asuransi kesehatan ini sendiri maka sistemnya juga ada 2 dan memang berbeda-beda.

Baca Juga : 5 Makanan Sehat yang Tak Boleh Kamu Makan Saat Perutmu Lagi Kosong, Bahaya!

Diantaranya adalah sistem cashless dan juga ada reimburse. Lalu apa yang membedakan kedua jenis klaim tersebut?

Berikut ini yang harus diketahui sehingga tidak asal dalam memilih, yaitu:

Cahsless Atau Reimburse untuk Asuransi Kesehatan

Cahsless Atau Reimburse
Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay

1. Prosedur klaim, antara sistem cashless dan juga reimburse bisa dilihat secara jelas perbedaannya disini.

Karena memang jika berbicara mengenai prosedurnya sendiri sudah pasti sistem cashless ini memang jauh lebih mudah dibandingkan dengan reimburse.

Karena nantinya nasabah hanya perlu menunjukkan kartu asuransi tersebut, pihak rumah sakit nantinya akan melakukan pengecekan dan pembayaran dilakukan dengan sekedar menggesek layaknya debit maupun kartu kredit.

Berbeda dengan reimburse yang harus memenuhi semua berkas yang dibutuhkan, mengisi form baru nantinya mengajukan dan menunggu apakah klaim disetujui ataukah tidak.

2. Metode pembayaran, sistem cashless akan dilakukan pembayaran secara langsung dengan menggesek kartu asuransi yang Anda miliki.

Berbeda dengan reimburse dimana Anda harus menalangi terlebih dahulu biaya berobat tersebut, sebelum nantinya akan diganti oleh pihak asuransi jika seandainya pengajuan klaim tersebut disetujui.

3. premi yang harus dibayarkan, agak berbeda dengan sistem reimburse, maka bagi Anda yang memilih sistem cashless ini apalagi dengan kemudahan pemakaian.

Maka tidak dapat dipungkiri jika seandainya nilai premi yang harus dibayarkan dengan menggunakannya juga terbilang lebih tinggi atau mahal.

Contohnya jika produk reimburse dikenai dengan premi sebesar 1 juta, maka sistem cashless bisa sampai 2 kali lipatnya.

4. Pilihan rumah sakit, meskipun asuransi kesehatan dengan sistem cashless ini lebih praktis digunakan, namun pemakaiannya hanya terbatas di beberapa rumah sakit tertentu yang memang sudah menjadi rekanan dari perusahaan asuransi tersebut.

Agar berbeda dengan sistem reimburse, karena memang nantinya Anda harus menalangi terlebih dahulu biaya berobat sebelum diganti oleh pihak asuransi tersebut.

Maka ia dapat digunakan di lebih banyak rumah sakit, sehingga tak hanya rumah sakit rekanan saja, melainkan rumah sakit manapun bisa dengan menggunakan sistem reimburse ini.

Jadi lebih tertarik memilih yang mana? Karena berbeda jenis maka nantinya akan berbeda pula klaim Allianz Anda.

Namun kembali lagi pemilihannya tetap harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan juga kondisi keuangan yang Anda miliki.

Karena berbeda sistem maka tidak bisa dipungkiri jika seandainya tawaran premi asuransi tersebut juga berbeda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here